wulandari utamining tias, ika and putri, bella dwi and Pratiwi, Dian (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Journal of Elementary Education, 4 (4). pp. 1315-1325. ISSN 2580-1147
|
Text
553-2061-1-PB.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi index card match terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eskperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 40 orang peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 40 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi index card match terhadap hasil belajar dengan N-Gain 0,56 termasuk dalam kategori “sedang” yang ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians. Kata kunci: hasil belajar tematik, index card match
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | M.Pd ika wulandari utamining tias |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 01:06 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 01:06 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/24467 |
Actions (login required)
View Item |