Fathya, Zahra and Hasnunidah, Neni and Sikumbang, Darlen (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) dan Gender Terhadap Keterampilan Argumentasi. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FKIP UNILA 2020, 16 JANUARI 2020, LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMNAS FKIP 2020_Zahra.pdf

Download (24MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1Lhc4O1XNRh4Ee7pWp...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI), perbedaan gender, dan interaksi antara model pembelajaran dengan gender terhadap keterampilan argumentasi siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung sejumlah 357 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.D dan VIII.E yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain Pretest Post-test Non Equivalent Control Design. Data diambil dari nilai pretes postes dengan keterampilan argumentasi berbentuk essay. Data dianalisis secara statistik dengan uji Ankova dan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI dan gender berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi dengan nilai signifikansi masing-masing adalah 0,000 dan 0,000. Sedangkan, interaksi antara model ADI dengan gender tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan argumentasi dengan nilai signifikansi 0,965.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NENI HASNU
Date Deposited: 10 Aug 2020 01:49
Last Modified: 10 Aug 2020 01:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23563

Actions (login required)

View Item View Item