Prayoga, Angga and Hasnunidah, Neni and Abdurrahman, Abdurrahman and Romli, S (2020) Meningkatkan HOTS Siswa Kelas VII A SMP IT Ar Raihan Bandar Lampung Melalui Penerapan LKS Berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI). In: Seminar Nasional Pendidikan Ke-3 FKIP Unila, Dies Natalis FKIP Unila, Bandar Lampung, Indonesia.
|
Text
PROSIDING SEMNAS FKIP 2020_Angga.pdf Download (30MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan HOTS siswa melalui penerapan LKS berbasis Argument Driven Inquiry (ADI) pada siswa kelas VII A SMP IT Ar Raihan Bandarlampung, Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP IT Ar Raihan Bandarlampung yang berjumlah 25 siswa dan materi yang dipilih adalah materi perubahan iklim. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dengan rubrik penilaian HOTS dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhiindikator keberhasilan, yaitu 1) keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS)siswa pada siklus I meningkat dari pra siklus dan meningkat dari siklus satu ke siklus berikutnya; dan 2) nilai tes siswa dengan kategori soal menganalisis, mengevaluasi dan mencipta mencapai KKM yaitu ≥ 75 dengan ketuntasan klasikal ≥ 85%, 3) peningkatan capaian tiap aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sebesar ≥ 23% dari based line di akhir siklus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan HOTS siswa melalui penerapan LKS berbasis ADI dalam pembelajaran IPA materi perubahan iklim. Hal ini ditunjukan oleh hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS sebelum tindakan (Pra Siklus) sebanyak 10 siswa tuntas (40%) dengan nilai rata-rata kelas 66,00 dan predikat keterampilan HOTS sedang,setelah tindakan menjadi 24 siswa tuntas (96%) dengan rata-rata kelas 85,00 dan predikat keterampilan HOTS tinggi. Serta peningkatan pada tiap aspek kemampuan HOTS yang melampaui based line yaitu pada aspek menganalisis sebesar 30%, aspek mengevaluasi sebesar 32,5%, dan aspek mencipta sebesar 31,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan LKS berbasis ADI pada pembelajaran IPA terbukti efektif meningkatkan kemampuan HOTS siswa kelas VII A SMP IT Ar Raihan Bandarlampung pada materi perubahan iklim
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NENI HASNU |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 01:49 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 01:49 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23562 |
Actions (login required)
View Item |