Hasnawati, Sri (2015) INTELLECTUAL CAPITAL, CORPORATE VALUE DAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA 2008-2012. Prodi MM Unika Atma Jaya, Jakarta.

[img]
Preview
Text
Similarity check Intelectual capital, CORPORATE VALUE DAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA 2008-2012 pdf.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://adl.aptik.or.id/default.aspx?tabID=61&src=a...

Abstract

SIMILARITY CHECK: Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pengaruh intelektual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan dan nilai perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa efek indonesia. Populasi penelitian sebanyak 33 bank yang tercatat di BEI periode 2008-2012. Dengan criteria yang ditentukan diperoleh sampel sebanyak 23 bank yang memenuhi syarat untuk diteliti. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah path model dengan dimensi intellectual capital sebagai variabel bebas, kinerja keuangan (ROA) sebagai variabel intervening yang memediasi intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian menemukan bahwa intellectual capital mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan sebesar 78,5%, sementara intellectual capital bersama kinerja keuangan mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 16,3%. Hasil ini menyatakan bahwa intellectual capital lebih memiliki kontribusi terhadap peningkatan kinerja keuangan perusahaan dibandingkan pada nilai perusahaan. Hal ini dapat terjadi karena investor di pasar modal Indonesia, masih berorientasi pada penilaian asset tangibel dibandingkan dengan asset intangible seperti intellectual capital /knowledge assets. Intelelectual capital melalui kinerja keuangan sebagai variabel intervening mampu memberi kontribusi dalam peningkatan nilai perusahaan. Dengan kata lain pasar memberi penilaian yang tinggi pada perusahaan yang memiliki financial performance yang tinggi karena kemampuan mengelola sumber daya intellectual secara efektif dan efisisen.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Dr Sri Hasnawati
Date Deposited: 24 Jul 2020 00:56
Last Modified: 24 Jul 2020 00:56
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/23353

Actions (login required)

View Item View Item