Sutiarso, Sugeng and Coesamin, M and Nurhanurawati, Nurhanurawati (2015) MEDIA VISUAL SCAFFOLDING GEOMETRI MENURUT PERBEDAAN JENIS KELAMIN. In: Seminar Nasional Pendidikan MIPA Universitas Lampung, 12 September 2015, Bandar Lampung.

[img] Text
prosiding semnas pmipa unila 2015.pdf

Download (19MB)

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan dasar, yang terbagi atas beberapa bagian, seperti aljabar, geometri, dan statistika; dan setiap bagian tersebut memiliki karakter yang berbeda. Khusus geometri, adalah memfokuskan pada kemampuan mengimajinasikan bangun datar dan ruang. Geometri merupakan materi matematika yang paling sulit dipahami siswa. Untuk itu, diperlukan suatu cara untuk membantu kesulitan siswa, dan salah satu cara itu adalah scaffolding. Scaffolding berarti „bantuan‟; adalah salah satu cara guru membantu kesulitan belajar siswa. Bantuan guru ini tidak bersifat tetap/terus menerus, tetapi bersifat sementara dan dikurangi secara bertahap. Beberapa jenis bantuan guru itu dapat berbentuk ungkapan/lisan, tulisan, atau media (alat peraga, chart, visual, dan lingkungan sekitar). Media scaffolding yang efektif adalah media yang sesuai dengan karakteristik siswa, seperti jenis kelamin. Artikel ini akan memaparkan media visual scaffolding geometri yang berbentuk visual menurut perbedaan jenis kelamin. Kata-kata kunci: media scaffolding, geomegri, perbedaan jenis kelamin

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-979-3262-11-6
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurhanuraw NURHANURAWATI
Date Deposited: 14 Jun 2020 00:19
Last Modified: 14 Jun 2020 00:19
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22398

Actions (login required)

View Item View Item