Syafrudin, Ulwan and Nawangsasi, Devi (2019) PERKEMBANGAN SOSIO-EMOSIONAL ANAK CERDAS ISTIMEWA DI SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2019, 28 September 2019, FKIP Universitas Lampung. (Submitted)

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Prosiding Semnas FKIP 28 September 2019.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai perkembangan anak cerdas istimewa khususnya tentang perkembangan sosio-emosionalnya yang memiliki sedikit hambatan. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kasus di mana data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini merupakan salah satu anak berjenis kelamin laki-laki usia 12 tahun yang duduk di bangku kelas VI SD. Hasil penelitian menunjukkan adanya tanda-tanda bahwa anak tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan sosio-emosionalnya yaitu merasa rendah diri dan tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan pergaulannya, sehingga dibutuhkan bimbingan dan motivasi dari orang dewasa agar dia merasa percaya diri dan dapat menyesuaikan diri dalam pergaulan dengan teman-temannya. Kata Kunci : Anak Cerdas Istimewa, Perkembangan Sosio-Emosional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: M.Pd. Ulwan Syafrudin
Date Deposited: 10 Jun 2020 20:59
Last Modified: 10 Jun 2020 20:59
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22216

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item