Kurniawan, Budi (2016) Napas Baru Ilmu Pemerintahan: Catatan Lokakarya Kurikulum Jurusam Ilmu Pemerintahan UNILA 2016. In: Lokakarya Kurikulum Jurusan Ilmu Pemerintahan Unversitas Lampung 2016, Bandar Lampung. (Submitted)

This is the latest version of this item.

[img] Text
Catatan Lokakarya Kurikulum Jurusam Ilmu Pemerintahan UNILA 2016.pdf - Submitted Version

Download (57kB)

Abstract

Bisa dikatakan akhir-akhir ini studi atau lebih populer menggunakan kata Ilmu mengalami krisis identitas. Kampus UGM misalnya menambahkan kata politik dan agak membingungkan program studi lain di luar UGM mengapa UGM harus menambah kata politik. Di IPDN malah ilmu pemerintahan ini semakin aneh. Pendekatan di IPDN bisa dikatakan tertinggal berapa dekade dan bahkan tidak kontekstual dengan dinamika pemerintahan hari ini. IPDN lebih tepatnya sekolah militer ketimbang sekolah sipil yang berparadigma "public service" atau pelayan publik. Yang unik pengalaman mereka yang pernah mengajar S2 lulusan IPDN sama seperti mengajar robot ketimbang manusia. Di UNPAD sebenarnya ilmu pemerintahan pun tidak jelas. Ada eksodus dosen lulusan luar negeri yang belajar ilmu politik ke jurusan baru yakni ilmu politik. Penulis bisa katakan unpad berusaha menginisiasi Asosiasi Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (APSIPI) yang membahas kurikulum yang malah cendrung monolitik dalam metodelogi. Penulis yang pernah ikut forum APSIPI melihat ada kecendurngan APSIPI malah membuat homigenitas dan kapling ilmu di tengah trend pendekatan multi disiplin. Ironisnya APSIPI malah terjebak dalam pendekatan old institutionalisme yang legal formalistik dalam melihat fenomena pemerintahan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Kurniawan
Date Deposited: 08 Jun 2020 05:36
Last Modified: 08 Jun 2020 05:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/22079

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item