Nurlida, Nurlida Tri Apria Putri and Marpaung, Rini Rita (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7 (4). pp. 1-5. ISSN 2621-5594

Full text not available from this repository.
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh discovery learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Desain yang digunakan yaitu eksperimen dengan Pretes Postes Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIID dan VIIF yang berjumlah 64 orang dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data aktivitas dianalisis secara deskriptif, sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas keseluruhan sebesar 71,4 termasuk kriteria baik. Sedangkan hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas ekperimen sebesar 0,66 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,30. Dengan demikian, model discovery learning berpengaruh terhadap aktivitas dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci: aktivitas, discovery learning, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: RINI RITA
Date Deposited: 02 Jun 2020 13:54
Last Modified: 02 Jun 2020 13:54
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21499

Actions (login required)

View Item View Item