Yanzi, Hermi (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILL PADA PEMBELAJARAN PKn. Jurnal Pendidikan Progresif, 6 (2). pp. 92-178. ISSN 2087-9849

[img]
Preview
Text
jurnal CIVIC SKILL in PBI model to JPPP 20160811.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan civic skill siswa di SMPN 3 Tegineneng Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menerapkan model PBI pada siswa melalui penelitian tindakan kelas, divariasikan dengan memberi motivasi siswa pada proses pembelajaran, membimbing siswa secara menyeluruh, siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan menyediakan waktu lebih banyak untuk berinteraksi dengan siswa, serta memberi umpan balik sesegera mungkin terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa meningkatnya aktivitas belajar siswa, maka indikator civic skill siswa juga mengalami peningkatan sesuai dengan target keberhasilan penelitian yang ditetapkan. Perolehan data pada siklus I sebesar 52,73%, meningkat pada siklus kedua sebesar 70,31% dan sebesar 81,22% pada siklus III. Kata kunci : civic skill, PBI, PKn

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: HERMI YANZ
Date Deposited: 31 May 2017 02:21
Last Modified: 31 May 2017 02:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item View Item