Suprianto, Tunggal and Noer, Sri Hastuti and Rosidin, Undang (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN SOAL OPEN ENDEDUNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (1). pp. 72-85. ISSN ISSN 2089-8703 (Print) Volume 9, No. 1, 2020, 72-85 ISSN 2442-5419 (Online)

[img]
Preview
Text
tunggal.pdf

Download (476kB) | Preview
Official URL: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas VIII A berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol di SMP Muhammadiyah 1 Metro. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan validasi ahli pembelajaran, media dan materi, angket respon siswa, angket tanggapan guru, dan hasil tes pembelajaran. Perangkat pembelajaran berdasarkan kemampuan berpikir reflektif matematis dalam sistem persamaan linear dua variabel dinyatakan valid. Hasil angket respon siswa terhadap model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended mendapat kategori penilaian sangat praktis dan angket tanggapan guru dengan kategori sangat praktis. Hasil tes belajar siswa dianalisis dengan uji hipotesis N-gain, Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa pengembangan model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Kata kunci: Group investigation; berpikir reflektif; pengembangan

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: SRI HASTUT
Date Deposited: 02 Jun 2020 01:22
Last Modified: 02 Jun 2020 01:22
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21403

Actions (login required)

View Item View Item