Ulfa, Khoiriya and Jalmo, Tri and Surbakti, Arwin (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Bioedusiana, 4 (2). pp. 92-98. ISSN 2684-7604

[img]
Preview
Text
khooiriya ulfa-tj 2019.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan dan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Desain. Populasi penelitian adalah semua kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini yaitu kelas X Mia 1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang berjumlah 35 siswa/i. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari angket self assessment, angket peer assessment, dan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh dari 20 soal pilihan ganda. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan diperoleh kategori cukup dengan persentase lebih dari 75%, serta hasil belajar kognitif diperoleh kategori sedang dengan nilai N-gain 0,56. Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan serta meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr Tri Jalmo
Date Deposited: 02 Jun 2020 01:00
Last Modified: 02 Jun 2020 01:00
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21378

Actions (login required)

View Item View Item