Prasetya, Rian Andri and Prayogi, Rahmat and Riadi, Bambang (2020) TINDAK ILOKUSI EKSPRESIF DALAM IKLAN MAKANAN DI TELEVISI. JURNAL KATA, 8 (1). ISSN 2338-8153

[img]
Preview
Text
20893-48652-1-PB.pdf

Download (206kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/in...

Abstract

Strategi produsen dalam menarik minat konsumen melalui iklan televisi saat ini sangat beragam. Pemanfaatan bahasa dalam iklan tersebut menjadi salah satu strateginya. Salah satu ragam bahasa yang diguanakan adalah ragam bahasa yang bersifat ekspresif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak ilokusi ekspresif yang terdapat dalam iklan makanan di televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitain ini adalah iklan makanan cepat saji yang tayang di televisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak ilokusi ekspresif yang digunakan berfungsi secara komunikatif dalam bentuk mengagumi, merasa bangga, mengeluh, merasa kecewa, merasa bahagia, merasa rindu, merasa malu. Kata kunci: tindak ilokusi, ekspresif, iklan, televisi

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Rian Andri Prasetya
Date Deposited: 30 May 2020 07:29
Last Modified: 30 May 2020 07:29
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21135

Actions (login required)

View Item View Item