Putri, Devi Sutrisno and nurhayati, nurhayati and Mentari, Ana (2020) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI REFLECTIVE TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FKIP UNILA 2020, 16 JANUARI 2020, LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
file prosiding publish.pdf

Download (578kB) | Preview
Official URL: http://semnaspend.fkip.unila.ac.id/2019/08/14/pros...

Abstract

Mempersiapkan generasi emas 2045 yang berkualitas dengan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dan berkarakter, yang mampu berkontribusi dalam pembangunan nasional hingga internasional merupakan tantangan besar bangsa Indonesia terutama dalam menghadapi globalisasi pendidikan. Materi pada seluruh mata pelajaran baik di sekolah maupun di perguruan tinggi dikemas sedemikian rupa untuk membentuk lulusan yang memiliki kualitas unggul, begitu juga dengan Pendidikan Kewarganegaraan. Misi Pendidikan Kewarganegaraan adalah membentuk warga negara yang kritis, demokratis, kreatif, dan peduli terhadap persoalan kehidupan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sehingga, Pendidikan Kewarganegaraan bukan sekedar bertujuan untuk menyiapkan warga negara sebagai calon tenaga kerja yang siap berkompetisi secara global tanpa memiliki kulifikasi aktif, produktif, dan cerdas dalam membaca segala peluang. Tercapainya misi Pendidikan Kewarganegaraan tidak terlepas dari peran pendidik. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang sesuai dalam mengajarkan Pendidikan Kewarganegaraan pada jenjang sekolah maupun perguruan tinggi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh para pendidik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah dengan menerapkan reflective teaching. Reflective teaching dirasa penting dalam membantu pendidik mengidentifikasi, mengembangkan, dan memperkuat apa yang telah dilakukan, sehingga secara berkala dapat mengingkatkan kemampuan dan memperbaiki kekurangan. Dengan melaksanakan reflective learning, diharapkan kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat berlangsung maksimal dan menghasilkan output yang memiliki kualitas unggul.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: M.pd Ana Mentari
Date Deposited: 29 May 2020 19:11
Last Modified: 29 May 2020 19:11
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21125

Actions (login required)

View Item View Item