Oktaviana, Ratu Anggita and Kadaritna, Nina and Tania, Lisa (2019) Efektivitas Model PLGI untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Garam Menghidrolisis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2). pp. 226-239. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
18923-43452-1-PB.pdf

Download (856kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK

Abstract

This study aims to describe the PLGI model in improving students' high order thinking skills in hydrolyzing salt topics. This research used a quasi-experiment with pretest-posttest control group design; furthermore, a purposive sampling technique was used to determine the samples, thus XI MIPA 1 was chosen as an experimental class and XI MIPA 2 was a control class. The data analysis technique is the non-parametric statistical test, the Mann-Whitney U test. In this study, the average n-gain of the experimental and control classes is 0.67 and 0.49 both of which were in the medium category. After tested by Mann-Withney U, there is a significant difference in the mean n-gain of high order thinking skills of students in the experimental class and the control class with the value of Asymp. sig. (2-tailed) is 0.00. This shows that the PLGI model is effective to improve the students' high order thinking skills. Keywords: hydrolyzing salt, high order thinking skill, PLGI model. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PLGI untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi garam menghidrolisis. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann-Withney U. Pada penelitian ini diperoleh rata-rata n-gain kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,67 dan 0,49 yang keduanya termasuk kategori sedang. Setelah diuji statistik, didapatkan perbedaan yang signifikan rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Asymp. sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa model PLGI efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci : garam menghid­rolisis, keterampilan berpikir tingkat tinggi, model PLGI.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LISA TANIA
Date Deposited: 29 May 2020 19:10
Last Modified: 29 May 2020 19:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21103

Actions (login required)

View Item View Item