Erlina Rufaidah, ER and Kodri, Kodri (2020) Pengembangan Model Pendidikan Tanggap Bencana Berbasis Multikultural. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologidan InovasiPendidikan, 3 (1). pp. 158-167. ISSN 2622-2159

[img]
Preview
Text
11-Pengembangan Model Pendidikan Tanggap Bencana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan tanggap gempa berbasis multikultural. Metode Penelitian adalah metode Research and Development (R & D) terdiri dari tiga tahap penelitian. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data digunakan angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, yang didukung dengan buku catatan serta focus group discussion. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah draft model pendidikan tanggap gempa berbasis multikultural dan implementasi model tanggap gempa berbasis multikultural meningkatkan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana. Kata kunci: Pengembangan; Model Pendidikan; Tanggap Bencana; Berbasis Multikultural

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: ERLINA RUF
Date Deposited: 29 May 2020 10:19
Last Modified: 29 May 2020 10:19
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/21064

Actions (login required)

View Item View Item