Nabila, Nuzul Inas and Hasbiyah, Wiwik (2020) Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa, Trust dan Commitment Terhadap Loyalitas Studi Kasus Pada JNE.”. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 16 (1). pp. 49-69. ISSN 1411-9366

[img] Text (Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa, Trust dan Commitment Terhadap Loyalitas Studi Kasus Pada JNE.”)
index.html - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
Official URL: http://manajemen.feb.unila.ac.id/publikasi/jurnal/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas, untuk mengetahui pengaruh kepercayaan (trust) terhadap loyalitas, untuk mengetahui pengaruh komitmen (comittment) terhadap loyalitas dan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa, komitmen, dan kepercayaan terhadap loyalitas. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kualitas jasa berpengaruh terhadap loyalitas, kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas, komitmen berpengaruh terhadap loyalitas, dan dimensi kualitas jasa, kepercayaan, dan komitmen mempunyai pengaruh terhadap loyalitas. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil 150 responden pelanggan JNE di Jabodetabek. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi berganda. Hasil analisis data diperoleh pengaruh dimensi kualitas jasa, kepercayaan, dan komitmen r² = 0,530. Pengaruh (x1,x2,x3) dimensi kualitas jasa, kepercayaan, dan komitmen berperan dalam mempengaruhi setiap penambahan variabel y adalah 53% dan sisanya 47% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh dimensi kualitas jasa, kepercayaan, dan komitmen dinilai memberikan kontribusi 53 % terhadap loyalitas. Pengujian hipotesis menunjukan hipotesis pertama penelitian ditolak yang artinya tidak ada pengaruh secara signifikan dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas, hipotesis kedua penelitian diterima yang artinya ada pengaruh kepercayaan secara signifikan terhadap loyalitas pada JNE, dan hipotesis ketiga diterima yaitu komitmen terhadap loyalitas mempunyai pengaruh yang signifikan dan hipotesis keempat diterima antara dimensi kualitas jasa, kepercayaan, dan komitmen mempunyai pengaruh terhadap loyalitas dilihat dari hasil pengujian F pada tabel di atas, diperoleh nilai f hitung > f tabel atau (54,947 > 3,91) hal ini juga diperkuat dengan nilai probability signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifkan secara simultan antara dimensi kualitas jasa, kepercayaan, dan komitmen terhadap loyalitas. Kata Kunci: Dimensi Kualitas Jasa, Kepercayaan, Komitmen, dan Loyalitas.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Magister Manajemen
Depositing User: M.S.M Nuzul Inas Nabila
Date Deposited: 29 May 2020 06:53
Last Modified: 29 May 2020 06:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20979

Actions (login required)

View Item View Item