DW, Hidayati and Akhmad, Riszal Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Geogebra dan Kreativitas Belajar: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah? NPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2 (3). pp. 191-206. ISSN 2549-4937

[img]
Preview
Text
4_Jurnal MTK_S3.pdf

Download (857kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/artic...

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah tidak hanya digunakan untuk menyelesaikan konsep matematis tetapi juga digunakan untuk bekal mahasiswa dalam menyelesaikan kehidupan sehari-hari. Sementara mahasiswa masih kesulitan untuk menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah pada tingkat perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan bahan ajar geometri analitik berbasis geogebra dan pengaruh kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek sebanyak 11 mahasiswa. Hasil menunjukan bahwa nilai gain sebesar 0,8 masuk dalam kategori peningkatan tinggi dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah lebih dari 70 dan terdapat pengaruh antara kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah. Rata-rata kevalidan bahan ajar yang dikembangkan adalah 3,5 (valid). Hasil observasi kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran adalah 4,17 dengan kategori baik. Respon positif diberikan oleh 80,3% mahasiswa terhadap pembelajaran. Jadi, bahan ajar ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar sehingga kemampuan pemecahan masalah mahasiswa meningkat. Kata Kunci: Geometri analitik, Geogebra, Kreativitas belajar, Pemecahan Masalah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Mesin
Depositing User: M.eng Akhmad Riszal
Date Deposited: 28 May 2020 19:06
Last Modified: 28 May 2020 19:06
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20908

Actions (login required)

View Item View Item