Nugroho, Andri Tri and Jalmo, Tri and Surbakti, Arwin Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7 (3). ISSN 2621-5594

[img]
Preview
Text
17428-39307-1-PB.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif peserta didik SMP IT Fitrah Insani pada pembelajaran IPA materi Pencemaran Lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel penelitian adalah kelas VII A dan VII C yang berjumlah 60 peserta didik yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data analisis berupa nilai pretes-postes dan N-gain yang di uji menggunakan Independent sample t-Test dan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model Project Based Learning terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif. Kata kunci: berpikir kreatif, kemampuan komunikasi, project based learning

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: ARWIN SURB
Date Deposited: 26 May 2020 01:55
Last Modified: 26 May 2020 01:55
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item View Item