Permata, Dewie and Hasnunidah, Neni and Surbakti, Arwin Pengaruh Argument Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7 (3). ISSN 2621-5594

[img]
Preview
Text
17481-39453-1-PB.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry, kemampuan akademik, dan interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII J yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pre-test Post-test Non Equivalent Control Group Design. Data dianalisis secara statistik dengan uji Ankova dan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi 0,00. Sedangkan kemampuan akademik dan interaksi antara model pembelajaran ADI dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi masing-masing 0,88 dan 0,20. Kata kunci: Argument-Driven Inquiry, kemampuan akademik, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: ARWIN SURB
Date Deposited: 26 May 2020 01:55
Last Modified: 26 May 2020 01:55
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20481

Actions (login required)

View Item View Item