Coesamin, M (2019) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Konstruktivis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Tema: Inovasi Pembelajaran Media Digital bagi Calon Guru MIPA Untuk Membentuk Generasi Z Yang Berkarakter, 1 (2). pp. 75-81. ISSN 2761-053X
|
Text
Prosiding Semnas PMIPA Okt 2020.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang tidak mudah dicapai oleh siswa, bagian yang sulit bagi guru untuk mengajarkannya, tetapi merupakan salah satu sasaran capaian penting dalam pembelajaran matematika.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII Semester Genap Tahun Akademik 2014/2015 setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Pengambilan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara untuk memperoleh objektivitas terhadap jawaban siswa yang diberikan melalui tes tersebut, juga tentang kemampuan yang tidak terekam melalui jawaban tes. Wawancara tersebut dilakukan terhadap enam orang siswa yang dikenai penelitian.Penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa yang dikenai penelitian lebih mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang yang semua rusuk tegaknya tegak lurus terhadap sisi alasnya dibandingkan dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan bangun ruang yang rusuk-rusuk tegaknya tidak tegak lurus terhadap sisi alasnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | M COESAMIN |
Date Deposited: | 24 May 2020 08:10 |
Last Modified: | 24 May 2020 08:10 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20426 |
Actions (login required)
View Item |