Oktaria, Renti and Hamid, Lukman and Yuningsih, Yuningsih and Suparti, Suparti (2019) EVALUASI HASIL AKREDITASI LEMBAGA PAUD SE-KOTA DEPOK. JECE (Journal of Early Childhood Education), 1 (2). pp. 16-28. ISSN 2686-2492

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
2-Artikel Jurnal UIN Jakarta Desember 2019.pdf

Download (586kB) | Preview
Official URL: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis (1) hasil deskriptif data akreditasi lembaga PAUD se-Kota Depok tahun 2018; (2) hasil sebaran akreditasi lembaga PAUD se-Kota Depok pada 11 kecamatan; (3) hasil akreditasi berdasarkan lama berdirinya sekolah, luas lahan, dan pengalaman akreditasi di setiap program TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method research dengan metode analisis kritis dan metode kepustakaan, dengan menyajikan data kuantitatif secara sederhana dan mendeskripsikannya ke dalam data kualititatif. Diperoleh hasil temuan yakni: (1) Jumlah lembaga yang terakreditasi masih didominasi oleh lembaga PAUD dengan program TK, yakni sebanyak 97 lembaga dari 186 lembaga yang mengikuti akreditasi atau sebanyak 52% dari total lembaga PAUD yang mengikuti akreditasi; (2) Terdapat ketidakmerataan jumlah lembaga yang terakreditasi di 11 kecamatan yang ada di Kota Depok; dan (3) Nilai akreditasi tinggi dan rendah tidak selalu berkaitan dengan lama berdiri, luas lahan dan pengalaman lembaga dalam melaksanakan akreditasi. Kata kunci: pendidikan anak usia dini, akreditasi, program taman kanak-kanak

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: M.Pd. Renti Oktaria
Date Deposited: 22 May 2020 01:53
Last Modified: 22 May 2020 01:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20263

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item