Rian Andri, Prasetya (2019) EKOKRITIK DAN PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA ANAK. Universitas Sebelas Maret. (Unpublished)

[img] Slideshow
Rian Andri P _ PPT Icalc.ppt

Download (11MB)

Abstract

Manusia dan lingkungannya berhubungan dengan erat. Kualitas hidup manusia di masa depan sangat terpengaruh pada kualitas lingkungan sekarang. Akan tetapi, saat ini hubungan manusia dan lingkungan tidak terjalin dengan baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya kerusakan lingkungan di dunia, khususnya di Indonesia. Kerusakan dan pencemaran lingkungan tersebut antara lain, pembakaran hutan, pembalakan liar, pencemaran udara, sampai pada pembuangan sampah sembarangan. Bentuk pencemaran lingkungan tersebut tentu harus bisa ditanggulangi agar kerusakan lingkungan dapat diminimalisasi bahkan dihilangkan. Cara paling efektif untuk mencegah permasalahan tersebut adalah menanamkan rasa peduli lingkungan sejak dini. Penanaman kepedulian lingkungan pada usia dini dimulai dari pembelajaran sastra di sekolah. Konsep pembelajaran sastra yang dapat mengakomodasi penanaman rasa cinta lingkungan adalah melalui pola pembelajaran sastra berbasis ekokritik sastra. Model kajian ekokritik sastra dipilah menjadi kajian sastra lingkungan dan sastra etis. Kajian sastra lingkungan terdiri atas kajian narasi sastra pastoral dan narasi sastra apokaliptik yang melahirkan nilai kearifan lingkungan. Kajian sastra etis meliputi dimensi budaya dan dimensi ekologis yang melahirkan prinsip-prinsip moral tentang kearifan lingkungan. Materi pembelajaran sastra anak di sekolah dasar berbentuk prosa dan drama dengan berbagai jenisnya. Dengan demikian, penanaman rasa peduli lingkungan dapat diakomodasi melalui nilai kearifan lingkungan beserta prinsip-prinsip moralnya.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Rian Andri Prasetya
Date Deposited: 20 May 2020 02:07
Last Modified: 20 May 2020 02:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item View Item