Suroto, Suroto (2019) PERBANDINGAN KECAKAPAN HIDUP SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFOLDING DAN ARTIKULASI. Jurnal Edukasi Ekobis, 7 (5). ISSN 2302-1373
|
Text
20079-46497-1-PB.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kecakapan hidup antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding dan Artikulasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level . Populasi meliputi seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan kecakapan hidup antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding dan Artikulasi pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) Kecakapan hidup yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi, (3) Kecakapan hidup yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Artikulasi lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Scaffolding. Kata Kunci: artikulasi, kecakapan hidup, scaffolding.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Depositing User: | Spd.,M.Pd Suroto Suroto |
Date Deposited: | 19 May 2020 02:24 |
Last Modified: | 19 May 2020 02:24 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20025 |
Actions (login required)
View Item |