Evendi, Tanzirul and Yolida, Berti and Rakhmawati, Ismi (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Kunci Dikotomi Berbasis Android untuk Identifikasi Protozoa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7 (5). pp. 66-76. ISSN 2621-5594
|
Text
19674-46407-1-PB.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
This study aims to develop the protozoa dichotomy’s key on Android as a learning media to help students in protozoa identification during observation. The ADDIE model (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation) was used in this research. The learning media was implemented after needs analysis and information’s collecting from school. The learning media was developed by using App Inventor 2 (AI2) by the validation process in this study. Data were quantitative and qualitative. The result of learning media which developed was acceptable after validation and evaluation. The material validation with a percentage of 87%, media validation with a percentage of 93%, teacher’s evaluation percentage 86%, and according to students’ evaluation with a percentage of 88%. These results showed that the development learning media dichotomy’s key android-based can be used as a learning media in learning biology, especially in protozoa material. Penelitian ini bertujuan mengembangkan kunci dikotomi protozoa pada android sebagai media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam mengidentifikasi protozoa selama pengamatan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implementation, Evaluate). Penyusunan media pembelajaran dilakukan setelah analisis kebutuhan dan pengumpulan informasi dari sekolah. Media pembelajaran dikembangkan menggunakan App Inventor 2 (AI2) dan melalui tahap validasi ahli dan pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif.Hasil media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori sangat layak setelah divalidasi dan dinilai. Hasil validasi materi dengan persentase 87%, validasi media dengan persentase 93%, penilaian oleh pendidik dengan persentase 86%, dan penilaian oleh peserta didik serta mahasiswa dengan persentase 88%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran kunci dikotomi berbasis android yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dalam pembelajaran biologi, khususnya materi protozoa. Kata kunci: App Inventor 2, kunci dikotomi, protozoa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | BERTI YOLI Berti Yolida |
Date Deposited: | 18 May 2020 03:56 |
Last Modified: | 18 May 2020 03:56 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19926 |
Actions (login required)
View Item |