Karwan, Dedy H. and Hariri, Hasan (2020) Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru SMK Muhammadiyah. SAKAI SAMBAYAN Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4 (1). pp. 66-71. ISSN e-ISSN: 2550-1089

[img]
Preview
Text
Karya Pengabdian Penulisan KTI.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/...

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah secara khusus ditujukan kepada guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Provinsi Lampung, yang secara umum perlu ditingkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam menulis artikel ilmiah yang merupakan salah satu unsur penting dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru. Tujuan kegiatan ini adalah untuk (1) memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara-cara menulis karya ilmiah khususnya artikel jurnal nasional, (2) membantu guru menghasilkan karya ilmiah berupa naskah artikel tentang pendidikan sesuai bidang dan program keahlian mereka di sekolah untuk layak terbit setidak-tidaknya pada jurnal nasional.Pelatihan ini diawali dengan penjelasan disertai contoh-contoh (dari judul, latar belakang, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, implikasi, dan referensi). Selanjutnya peserta diberi tugas latihan menulis dengan topik sesuai minat mereka dan dibawa pulang, dan setelah lima hari bertemu lagi dengan membawa hasil tulisan mereka. Secara umum perubahan pengetahuan dan kemampuan sebagai hasil pelatihan, yaitu peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan menulis karya ilmiah, dibandingkan sebelum pelatihan, berdasarkan kenaikan skor rata-rata yang meningkat dan hasil interview setelah mengikuti proses pelatihan. Kata kunci:Guru, Karya Ilmiah, Pelatihan, Penulisan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Hasan Hariri
Date Deposited: 08 May 2020 01:54
Last Modified: 08 May 2020 01:54
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/19500

Actions (login required)

View Item View Item