Amelia, Yunia (2014) Framming Efect Sebagai Determinat Esklasi Komitmen Manajer Dalam Keputusan Investasi:Dampak Dari Latar Belakang Pendidikan Akuntansi dan Non Akuntansi. Jurnal Ilmiah GEMA EKONOMI, 4 (2). pp. 505-518. ISSN 2087-4324
|
Text
110-13-269-1-10-20170520.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini ingin mengkonfirmasi bahwa efek pembingkaian berpengaruh sebagai determinan eskalasi komitmen, namun hal ini t ergant ung dari latar belakang pendidikan para subyek. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah lat ar belakang pendidikan dari seorang manajer (akunt ansi vs non akuntansi) berpengaruh terhadap pilihan keputusan eskalasi komitmen yang diambil seorang manajer yang mengalami efek pembingkaian (framming effect)? Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen, dengan faktorial 2 x 2. Variabel independen (faktor-faktor) adalah pembingkaian pilihan keputusan secara negatif dan positif dan Latar belakang pendidikan. Subyek yang berpartisipasi dalam eksperimen ini sebanyak 100 orang dikelompokkan atas dua kelompok. Subyek yang berasal dari latar belakang pendidikan non akuntansi terdiri dari 50 orang yang diambil dari para mahasiswa fakultas hukum sebuah perguruan tinggi, sedangkan Subyek yang berasal dari latar belakang pendidikan akuntansi diambil dari para mahasiswa program S1 jurusan akuntansi pada sebuah perguruan tinggi. Tanggapan atas kuesioner oleh para subyek penelitian dianalisis dengan ANOVA faktorial 2 x 2 dengan jenis bingkai keputusan dan tingkat latar belakang pendidikan sebagai variabel-variabel between-subjects dan keputusan melanjutkan proyek sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian Schoorman et al. (1994) yang mendapatkan efek pembingkaian tidak berpengaruh terhadap eskalasi komitmen, namun berbeda dengan penelitian Schoorman et al. Manajer atau subyek yang berlatar belakang akuntansi memperlihatkan kecenderungan yang kuat untuk melanjutkan proyek. Penelitian ini ingin mengkonfirmasi bahwa efek pembingkaian berpengaruh sebagai determinan eskalasi komitmen, namun hal ini t ergant ung dari latar belakang pendidikan para subyek. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah lat ar belakang pendidikan dari seorang manajer (akunt ansi vs non akuntansi) berpengaruh terhadap pilihan keputusan eskalasi komitmen yang diambil seorang manajer yang mengalami efek pembingkaian (framming effect)? Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen, dengan faktorial 2 x 2. Variabel independen (faktor-faktor) adalah pembingkaian pilihan keputusan secara negatif dan positif dan Latar belakang pendidikan. Subyek yang berpartisipasi dalam eksperimen ini sebanyak 100 orang dikelompokkan atas dua kelompok. Subyek yang berasal dari latar belakang pendidikan non akuntansi terdiri dari 50 orang yang diambil dari para mahasiswa fakultas hukum sebuah perguruan tinggi, sedangkan Subyek yang berasal dari latar belakang pendidikan akuntansi diambil dari para mahasiswa program S1 jurusan akuntansi pada sebuah perguruan tinggi. Tanggapan atas kuesioner oleh para subyek penelitian dianalisis dengan ANOVA faktorial 2 x 2 dengan jenis bingkai keputusan dan tingkat latar belakang pendidikan sebagai variabel-variabel between-subjects dan keputusan melanjutkan proyek sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian Schoorman et al. (1994) yang mendapatkan efek pembingkaian tidak berpengaruh terhadap eskalasi komitmen, namun berbeda dengan penelitian Schoorman et al. Manajer atau subyek yang berlatar belakang akuntansi memperlihatkan kecenderungan yang kuat untuk melanjutkan proyek.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Akuntansi |
Depositing User: | Yunia Amelia |
Date Deposited: | 29 May 2017 05:32 |
Last Modified: | 29 May 2017 05:32 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1758 |
Actions (login required)
View Item |