MS, Mahrinasari (2019) TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN: PERSPEKTIF PEMASARAN EDISI REVISI 2019, PENERBIT GRAHA ILMU, YOGYAKARTA EDISI CETAKAN PERTAMA 2017, PENERBIT "DEEPUBLISH", YOGYAKARTA. Other. Graha Ilmu, Yogyakarta. (In Press)

[img]
Preview
Text
BUKU TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PERSPEKTIF PEMASARAN SCAN FINAL.pdf

Download (37MB) | Preview
Official URL: https://penerbitbukudeepublish.com/shop/tanggung-j...

Abstract

Abstract. Corporate Social Responsibility (CSR), yang disebut dengan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, selanjutnya dikenalkan dengan istilah TJSP. Kajian TJSP di berbagai bidang ilmu pengetahuan semakin berkembang dan menjadi perhatian penuh oleh para akademisi dan peneliti, sehingga banyak memunculkan sekumpulan definisi TJSP yang relatif bervariasi atau belum memberikan definisi umum yang ajek atau tidak ada konsensus yang kuat untuk sebuah definisi TJSP. Beberapa peneliti berargumen “Apa makna dari konsep TJSP, dan apakah setiap perusahan harus memiliki tanggung jawab kepada sosial dan lingkungannya tanpa kecuali, tanpa memerhatikan apakah memiliki dampak positif atau negatif atau ada kandungan resiko untuk sejumlah korbanan biaya yang berdampak pada penggerusan keuntungan perusahaan, karena kepentingan masyarakat menjadi perhatian penuh”. Pertanyaan tersebut memunculkan perkembangan kajian TJSP baik dari para akademisi maupun peneliti dengan berbagai pendekatan sub disiplin ilmu seperti dari aspek strategi bisnis, akuntansi, perilaku organisasi atau etika bisnis. Bahkan kajian TJSP berkembang pada pendekatan bidang pemasaran sejak tahun 2000an, seperti ungkapan Griffin (2000) bahwa arahan riset pada abad ke 21 berkembang pada disiplin riset dalam Perspektif disiplin ilmu yang relevan, seperti disiplin ilmu pemasaran dan hubungan manusia dalam rangka untuk memahami kinerja TJSP, yang dikenal dengan Corporate Social Performance. Oleh karena itu, untuk menjawab perkembangan konsep TJSP dalam perspektif pemasaran, penulis perlu menuangkannya dalam bentuk buku monograph yang dituangkan dalam 7 bab yang dimulai dengan pengungkapan latar belakang dan permasalahan yang ditemukan penulis selama melakukan beberapa jenis riset TJSP yang relevan dengan kajian pemasaran, yang selanjutnya menguraikan pentingnya penerapan konsep TJSP dalam membangun citra perusahaan. Kemudian, dilanjutkan dengan uraian komunikasi produk jasa perusahaan berkaitan dengan komunikasi informasi TJSP (apakah merupakan aktivitas promosi perusahaan murni atau ada inisiatif informasi kegiatan TJSP yang mengangkat tidak hanya kepentingan keuntungan perusahaan, tetapi juga kepentingan hajat hidup masyarakat untuk penciptaaan kesejahteraan ekonomi masayarakat. Selanjutnya, uraian bab tentang dampak TJSP dalam kinerja pemasaran berbasis nilai ekuitas merek untuk mendorong penciptaan preferensi konsumen dan niat beli konsumen. Akhir dari isi buku berupa, implikasi kajian TJSP dalam perspektif pemasaran di masa datang. Key Words: TJSP, Citra Perusahaan, Komunikasi TJSP, Ekuitas Merek, Preferensi Merek dan Niat Beli.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Mahrinasari MS
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:21
Last Modified: 09 Jan 2020 04:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/17525

Actions (login required)

View Item View Item