Sudrajat, Neza Ukhalimah and Hanriko, Rizki Pengaruh Pemberian Kombinasi Zinc dan Tomat (Solanum Lycopersicum L) terhadap Hepar Akibat Stres yang Terpapar Gelombang Elektromagnetik Ponsel. Jurnal Agromedicine, 6 (2). ISSN 2356-332X

[img] Other (Pengaruh Pemberian Kombinasi Zinc dan Tomat (Solanum Lycopersicum L) terhadap Hepar Akibat Stres yang Terpapar Gelombang Elektromagnetik Ponsel)
2407 - Published Version

Download (43kB)

Abstract

oksidatif karena terjadinya perubahan keseimbangan kadar radikal bebas dalam tubuh. Stres oksidatif akan meningkatkan produksi Reactive Oxygen Species (ROS) seperti Malondialdehyde (MDA) dan menurunkan aktivitas Superokside Dismutase (SOD), Catalase (CAT), dan Gluthathion Peroksidase (GPx). Stres oksidatif akan merusak sel dan komponennya sehingga terjadi gangguan fungsi sel atau kerusakan sel pada organ tubuh, salah satunya adalah sel hepar sehingga terjadi perubahan histologi hepar. Stres oksidatif dapat dicegah ataupun dikurangi dengan asupan antioksidan yang cukup. Antioksidan merupakan agen protektif yang menonaktifkan ROS sehingga secara signifikan dapat mencegah kerusakan oksidatif. Pemberian zinc dan tomat (Solanum lycopersicum L) sebagai antioksidan dapat mencegah ketidakseimbangan antara ROS dan Total Antioxidant Capacity (TAC). Zinc terbukti dapat mengganti logam transisi (Fe2+ atau Cu2+) dan menginduksi terbentuknya protein sehingga dapat menetralisir ROS. Zinc juga dapat menurunkan biomarker stres oksidatif dan sitokin inflamasi sehingga sangat efektif dalam menurunkan ROS. Likopen dalam tomat dapat meningkatkan kadar karotenoid dalam darah dan mencegah kerusakan DNA sehingga dapat memperbaiki gambaran histologi hepar.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: dr Rizki Hanriko
Date Deposited: 18 Nov 2019 07:14
Last Modified: 18 Nov 2019 07:14
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16856

Actions (login required)

View Item View Item