Bernadeta Swahyuning Kasih, BSK and I Dewa Putu Nyeneng, IDPN and I Wayan Distrik, IWD EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (2). pp. 190-203. ISSN 2337-5973
|
Text
bernadeta.pdf Download (618kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA Fisika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B dan IX C di SMP N 28 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sample T-Test, nilai Sig (2-Tailed) kurang dari 0,05, maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Depositing User: | I DEWA PUT |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 07:10 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 07:10 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16790 |
Actions (login required)
View Item |