Haza Kurnia Dinantika, HKD and Eko Suyanto, ES and I Dewa Putu Nyeneng, IDPN Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11 (2). pp. 73-80. ISSN 2581-1452
|
Text
Haza.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan: Turbin Axis Horizontal dan Kincir Air. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPA SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, dengan sampel kelas XII sebagai kelas eksperimen dan XII sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yaitu Posttest Only Control Group Design. Hasil penelitian diuji menggunakan Independent Sample T-Test dan Effect Size. Hasil penelitian yaitu kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata kreativitas sebesar 42% dengan kategori kurang kreatif, sedangkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran Project Based Learning memiliki nilai rata-rata kreativitas sebesar 72% dengan kategori kreatif. Hasil uji Effect Size diperoleh nilai cohen’s d sebesar 3,40 dan nilai effect size r sebesar 0,86 dengan kategori tinggi. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Depositing User: | I DEWA PUT |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 07:10 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 07:10 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16786 |
Actions (login required)
View Item |