Syafrudin, Ulwan (2019) PENERAPAN MODEL C-MID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG DI SD. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12 (2). pp. 331-344. ISSN 1979-3545

[img]
Preview
Text
6179-14454-1-SM.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model C-MID dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang kelas V SDN Lempong Sari. Objek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VB SD Lempongsari. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian analisis data deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan antara lain tes evaluasi dan lembar observsi aktivitas belajar siswa. Di dalam penelitian ini terdapat dua siklus dengan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 71,6% dan siklus II sebesar 83,3%. Dari hasil kedua siklus pada aktivitas belajar siswa terdapat peningkatan signifikan sebesar 11,7%. Hasil tersebut didukung pula oleh peningkatan hasil belajar dari tes tertulis sebagai hasil akhir yang merupakan interpretasi dari pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa, diantaranya siklus I perolehan hasil belajar sebesar 26,67% dan siklus II sebesar 66,67%. Dengan demikian disimpulkan bahwasannya adanya peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapan model C-MID pada materi bangun ruang siswa kelas V SDN Lempongsari Tahun Ajaran 2018. Kata Kunci: C-MID, Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: M.Pd. Ulwan Syafrudin
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:19
Last Modified: 18 Nov 2019 08:19
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16462

Actions (login required)

View Item View Item