Sari, Lia Putri Novita and Bharata, Haninda and Asnawati, Rini EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7 (4). ISSN 2338-1183

[img]
Preview
Text
18762-45143-1-PB.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 280 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebanyak 29 siswa dan VII I sebanyak 27 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian kemampuan komunikasi matematis pada materi arikmatika sosial. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji- dan uji proporsi diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa model problem based learning lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional, namun proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tidak lebih dari 60% jumlah siswa yang mengikuti model problem based learning.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: RINI ASNAW
Date Deposited: 14 Nov 2019 10:34
Last Modified: 14 Nov 2019 10:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16439

Actions (login required)

View Item View Item