Fatmawati, Nia and Kisno, Kisno and Nawangsasi, Devi and Ardiansyah, Ardiansyah (2019) Pemanfaatan Aplikasi Quiver-3D Coloring Berbasis Augmented Reality dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2019, 3 November 2019, FKIP Universitas Lampung. (In Press)

[img] Text
ARTIKEL_AUGMENTED REALITY_FULL_NIA.doc - Published Version

Download (116kB)

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan proses berpikir mengenai kemampuan dalam menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Lingkungan dan kesempatan yang diberikan sangat mempengaruhi terwujudnya konsepsi atau pembuahan yang menentukan potensi kognitifnya. Pemanfaatan media berupa aplikasi-3D coloring berbasis augmented reality dapat merangsang pola pikir anak karena sifat dari media tersebut membantu anak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan demonstrasi aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan kognitif anak dapat dikembangkan melalui praktik aplikasi 3D coloring berbasis augmented reality.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: Ardiansyah
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:20
Last Modified: 14 Nov 2019 11:20
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/16384

Actions (login required)

View Item View Item