Yanfika, Helvi and Listiana, Indah and EFFENDI, IRWAN PERSEPSI PENGELOLA UKM TERHADAP PEMASARAN ONLINE DI KAMPUNG WISATA TEGALWARU BOGOR, JAWA BARAT. In: Seminar Nasional Pengembangan Lahan Kering Ke 5, 9 sd 10 September 2019, Unila (Hotel Emersia).
|
Text
ABSTRAK LAHAN KERING.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Teknologi informasi, khususnya teknologi informasi berbasis cyber saat ini tidak dapat dihindari. Hampir seluruh kalangan masyarakat, tidak terkecuali pelaku usaha sangat sering memanfaatkan teknologi informasi berbasis cyber. Dengan adanya teknologi informasi berbasis cyber maka pelaku usaha dapat memasarkan dan menginformasi produknya kapansaja dan dimana saja. Dengan masuknya teknologi informasi cyber ke dalam aktivitas Usaha Kecil Menengah (UKM) diharapkan dapat meningkatkan persepsi yang terbentuk dalam diri pengelola UKM dan akan mempengaruhi cara pandangnya terhadap memanfaatan teknologi informasi cyber tersebut. Persepsi pelaku UKM terhadap teknologi informasi cyber dapat menjadi faktor penghambat maupun pendukung bagi ketermanfaatan teknologi informasi cyber. Keberadaan teknologi informasi cyber dapat menyebarkan informasi ke pelosok dan daerah terpencil serta dapat membantu pelaku UKM mencari informasi harga-harga produk. Persepsi yang baik dapat membentuk pendapat yang sehat dan membuat keputusan yang baik dengan banyaknya informasi yang dimiliki. Kampung Wisata tegalwaru, di Kecamatab Ciampea, Kabupaten Bogor dipilih sebagai lokasi penelitian dengan mempertimbangkan bahwa lokasi tersebut merupakan desa wista yang memiliki banya UKM dan sebagian UKM sudah mulai memanfaatkan pemasaran online, waktu penelitian dilaksanakan daru bulan Juni-Juli 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik pelaku UKM dalam memanfaatkan teknologi informasi, mengetahui persepsi pelaku UKM terhadap teknologi informasi berbasis cyber dan menganalisis faktorfaktor yang berkorelasi dengan persepsi pelaku UKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pelaku UKM sebagain besar dalam kategori sangat baik, karakteristik pelaku UKM menyebar normal dan karakteristik individu sebagian besar berhubungan dengan persepsi pelaku UKM.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Penyuluhan Pertanian |
Depositing User: | Dr Helvi Yanfika |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 04:05 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 04:05 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15765 |
Actions (login required)
View Item |