Dwi Yulianti, Dwi and Herpratiwi, Herpratiwi and Budi Koestoro, Budi and Adelina Hasyim, Adelina (2017) ANALISIS RANCANGAN DAN PEMBELAJARAN GURU SDN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS RENDAH BERBASIS KURIKULUM 2013. FKIP Unila, Bandar Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
lap BLU 17-17 TP2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://fkip.unila.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pemahaman guru terhadap setiap komponen RPP, 2) pengetahuan terhadap merancang rencana pembelajaran, 3) kemampuan guru dalam merancang RPP, 4) pengetahauan guru terhadap perangkat pembelajaran, 5) kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Target khusus yang ingin dicapai adalah Penelitian ini ditargetkan, 1) menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal nasional JPP FKIP Unila, dan 2) menghasilkan analisis rancangan dan pembelajaran guru SDN untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas rendah berbasis kurikulum 2013. Kedua temuan ini mempunyai kontribusi mendasar untuk penelitian mahasiswa dan dosen Ps TP FKIP Unila, guna melakukan penelitian-penelitian lebih lanjut dalam upaya meningkatkan variabel hasil belajar siswa SD kelas rendah yang mencakup variabel metode dan kondisi serta dalam lima kawasan TP. Penelitian dilakukan dengan sembilan tahapan kegiatan, setiap tahapan menghasilkan luaran dan indicator capaian serta tempat pelaksanaan sebagai berikut. Sembilan tahap yang dilakukan pada penelitian ini yaitu, 1) merumusakan tujuan penelitian, 2) menentukan data untuk mencapai tujuan penelitian, 3) menentukan teknik pengumpulan data, sampel dan subyek penelitian, 4) merumuskan instrumen penelitian, 5) pengumpulan data, 6) analisis data, 7) verifikasi data, 8) penyimpulan, dan 9) pelaporan dan publikasi di salah satu jurnal nasional. Hasil penelitian disimpulkan 1) pemahaman dan kemampuan guru pada komponen dan merancang RPP berada pada kriteria kurang 25% sampai 37%. Adapun pada kriteria cukup 35% sampai 40%, 2) pemahaman dan kompetensi guru pada komponen peranagkat pembelajaran berada pada kriteria kurang 55% sampai 65%. Adapun pada kriteria cukup 20% sampai 25%.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: DWI YULIAN
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:23
Last Modified: 14 Nov 2019 11:23
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15630

Actions (login required)

View Item View Item