Dwi Yulianti, Dwi and Herpratiwi, Herpratiwi (2016) Pengembangan Model dan Perangkat Pengembangan Kurikulum di Propinsi Lampung. -, Bandar Lampung. (Unpublished)
|
Text
LAP Akhir UPT 6 Finl.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah 1) membangun kerjasama antara dosen-dosen IP FKIP Unila, sehingga dapat membantu mengatasi permasalah yang dihadapi oleh pengembang kurikulum di propinsi Lampung, 2) membangun kerjasama antara dosen-dosen IP FKIP Unila dengan pengembang kurikulum di propinsi Lampung, sehingga dapat membantu mengatasi permasalah yang dihadapi, dan 3) memberi altenatif, mengenai model pengembangan kurikulum yang bisa dijadikan salah satu acuan bagi penyelenggaraan diklat pengembangan kurikulum. Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah menghasilkan model dan perangkat pembelajaran bagi mahasiswa S2 teknologi pendidikan FKIP Unila. Produk mencakup 1) model pengembangan kurikulum, 2) buku ajar pengembangan kurikulum, dan 3) instrumen pengembangan kurikulum. Metode yang dipakai dalam pengembangan ini menggunakan model R & D yang terdiri dari tahapan-tahapan kegiatan prosedur pengembangan dan uji coba produk. Prosedur pengembangan model dan perangkat pengembangan kurikulum tahun kedua dibagi dalam beberapa tahap, yaitu ketiga dan keempat. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ketiga adalah uji perorangan dan kelompok kecil sedangkan kegiatan yang dilakukan pada tahap keempat adalah uji lapangan dan sosialisasi hasil dengan mengikuti seminar internasional di luar propinsi Lampung. Buku ajar pengembangan kurikulum merupakan salah satu sumber belajar yang mengandung konten, 1) landasan filosofi pengembangan kurikulum, 2 landasan teoritis pengembangan kurikulum, 3) peran teori belajar untuk merancang pembelajaran, 4) model pengembangan kurikulum, 5) evaluasi dan uji dalam pengembangan kurikulum, 6) sumber data, subyek sumber data, pengolahan data, populasi dan sampel, dan 7) macam-macam evaluasi hasil belajar. Buku ajar perlu memiliki keterbacaan dengan kategori baik dan kemenarikan dengan kategori baik. Buku ajar pengembangan kurikulum hasil penelitian ini memiliki keterbacaan dan kemenarikan dengan kategori baik serta tingkat efisiensi dengan kategori baik.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | DWI YULIAN |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:23 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 11:23 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15580 |
Actions (login required)
View Item |