UTAMI, PUTRI RIZKY and Noer, Sri Hastuti and Sutiarso, Sugeng PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF EFFICACY. JPPM UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, 12 (2). ISSN p-ISSN: 1979-3545; e-ISSN: 2528-682X

[img] Text
6221-15045-1-PB.txt

Download (43kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika dengan pembelajaran berbasis masalah yang ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan selfefficacy peserta didik. LKPD pembelajaran berbasis masalah ini telah memenuhi standar kelayakan isi, desain, dan bahasa berdasarkan hasil validasi ahli materi, media, dan psikologi pembelajaran. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan (analisis kebutuhan), penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Guna Dharma Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes komunikasi matematis, dan skala self efficacy peserta didik. Tes dan skala diberikan pada saat pembelajaran terakhir (post-test only). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD efektif digunakan karena lebih dari 70% peserta didik memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan kriteria ketuntasan minimal pada tes kemampuan komunikasi matematis, (2) self-efficacy peserta didik tidak mengalami perubahan yang signifikan. Kata Kunci: LKPD berbasis masalah, komunikasi matematis, self efficacy.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: SRI HASTUT
Date Deposited: 05 Nov 2019 10:51
Last Modified: 05 Nov 2019 10:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item