Suana, Wayan (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Listrik Dinamis Berbasis Virtual Experiment untuk Kuliah Teori dan Praktikum Terintegrasi. Jurnal Pendidikan Fisika, V (1). pp. 46-61. ISSN 2442-4838

[img]
Preview
Text
747-1722-1-SM.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview
Official URL: http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/fisika...

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Listrik Dinamis berbasis virtual experiment yang valid dan efektif untuk perkuliahan Fisika Dasar II teori dan praktikum terintegrasi. Prosedur pengembangan terdiri dari empat tahapan utama, yaitu studi pendahuluan, perancangan produk, pengembangan produk, dan validasi produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus dan SAP, bahan ajar, dan LKM. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa produk memiliki validitas sangat baik pada aspek isi/materi dan validitas baik pada aspek desain. Dari hasil uji coba pemakaian, diperoleh bahwa perangkat pembelajaran efektif meningkatkan penguasaan konsep Listrik Dinamis mahasiswa. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dalam perkuliahan Fisika Dasar II terintegrasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: listrik dinamis, virtual experiment, kuliah terintegrasi, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wayan Suana
Date Deposited: 06 Apr 2017 01:40
Last Modified: 06 Apr 2017 01:40
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item View Item