Surbakti, Erisa Senthya B and oktaria, dwita and Rodiani, Rodiani (2019) Hubungan Motivasi Belajar terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. AGROMEDICINE UNILA, 6 (1). pp. 139-144. ISSN 2356-332X

[img]
Preview
Text
Erisa Juni 2019.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Self Directed Learning Readiness(SDLR) merupakan kesiapan mahasiswa terhadap lingkungan mandiri yang menuntut mahasiswa untuk belajar. SDLR dipengaruhi faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Motivasi sebagai salah satu faktor ekstrinsik mengambil peranan penting untuk terbentuknya SDLR mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap self directed learning readiness mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober-November 2016.Terdapat sebanyak 240 responden yang mengisi dua buah kuesioner yaitu Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) untuk menilai motivasi belajar dan Self Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) untuk menilai kesiapan belajar mandiri. Penelitian dilakukan selama dua hari dengan penjelasan dan pengisian informed consent oleh responden. Analisis data menggunakan uji Chi square. Hasil menunjukkan motivasi yang paling banyak dimiliki oleh responden yaitu motivasi tinggi (75,8%) dan derajat SDLR tinggi (82,5%). Berdasarkan analisis bivariat dengan uji Chi square tidak didapatkan hubungan bermakna motivasi belajar terhadap self directed learning readiness dengan nilai (P=0, 411). Tidak terdapat hubungan bermakna antara motivasi belajar terhadap self directed learning readiness mahasiswa tingkat pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: DWITA OKTA
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:25
Last Modified: 04 Nov 2019 03:25
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/14728

Actions (login required)

View Item View Item