Eka, Sofia Agustina (2014) PELATIHAN PENULISAN LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SE-PROVINSI LAMPUNG. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lampung, 10-11 September 2014, Bandar Lampung, Lampung.
|
Text
PROSIDING LPM SEPT 2014.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Paradigma pendidikan saat ini menempatkan posisi guru sebagai profesi yang harus memiliki kompetensi paripurna. Kompetensi guru tersebut dibangun di atas empat pilar, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Sebagai representasi kompetensi profesional, guru dituntut untuk mampu "menerjemahkan" peristiwa yang telah terjadi dalam proses pembelajaran yang dipimpinnya ke dalam satu jenis tulisan ilmiah yang disebut dengan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang sangat dekat untuk dilakukan oleh para guru. Karena, bersumber dari hal-hal yang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Namun sayangnya, belum banyak guru yang memiliki kemampuan untuk menulis dalam laras penelitian tindakan kelas. Oleh sebab itu, pengabdian kepada masyarakat ini diberikan dengan objek sasar para guru baik di tingkat SD, SMP, dan SMA. Dengan tendensi, setelah mereka mengikuti pelatihan ini dapat memberikan pencerahan dan informasi untuk selanjutnya dilakukan berkaitan dengan penelitian tindakan kelas yang berfokus pada kelas dan sekolah masing-masing. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Eka .Sofia Agustina |
Date Deposited: | 24 Mar 2017 06:54 |
Last Modified: | 24 Mar 2017 06:54 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1472 |
Actions (login required)
View Item |