Eka, Sofia Agustina and Ariyani, Farida and Yunita, Fitri Yanti (2016) POLA PENYAJIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Media Akademi, Yogyakarta. ISBN 978-602-6435-17-0

[img]
Preview
Text
POLA PENYAJIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH.pdf

Download (13MB) | Preview
Official URL: http://www.mediaakademi.com

Abstract

Proses pembelajaran secara formal bergerak dinamis mengikuti perkembangan dan perubahan sistem pendidikan yang senantiasa mengalami penyempurnaan. Reaktualisasi dari penyempurnaan sebuah sistem pendidikan adalahdiberlakukannya kurikulumbaru. Tercatat Indonesia telah mengalami penyempurnaan kurikulum sebanyak 12 kali. Kurikulum yang sekarang digunakan adalah Kurikulum 2013 dengan unjuk karakter pendekatan pembelajaran melalui pendekatan ilmiah (saintific approach). Penjelasan tentang teoretis pendekatan ilmiah (saintific approach) dalam pembelajaran pada buku teks terjelaskan dengan bahasa yang operasional dengan dibantu oleh penjelasan perumusan indikator pada tiap bahasannya. Buku ini memberikan informasi secara teoretis dan praktis tentang bagaimana sebuah pendekatan ilmiah berada pada ruang buku teks pelajaran Bahasa Indonesia. Sejatinya, buku ini tersusun berdasarkan hasil penelitian terhadap salah satu buku tekspelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP/MTs. Penulis mencoba menyajikan tiap informasi dengan merumuskan kata kunci yang diharapkan dapat mudah dipahami pembaca. Teknik penyajian dalam buku ini diawali dengan pemberian konsep dasar tentang keberadaan sebuah buku teks dalam konteks pembelajaran, yang selanjutnya diberikan contoh praktis bagaimana menelaah sebuah buku teks dalam sajian pendekatan ilmiah. Pembahasan materi dalam buku ini memadukan konsep hakikat buku teks, buku teks dengan komponen pembelajaran, buku teks dengan perkembangan sistem pendidikan yang di dalamnya penyesuaian dengan kurikulum yang berlaku, buku teks dengan salah satu pendekatan yang digunakan dalam penerapan Kurikulum 2013. Penyajian bab dalam buku ini terdiri atas empat bab. Bab 1 sampai dengan bab 3 menyampaikan materi secara teoretis tetapi juga ditunjang oleh penjelasan yang operasional melalui tabel indikator pada setiap sajiannya. Penulis batasi sampai dengan Bab 4 yang merupakan materi telaah langsung kedalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia disertai dengan contoh dan ilustrasi data hasil telaahan. Ucapan terimakasih penulis tujukan kepada semua pihak yang telah mendukung tersusunnya buku “Pola Penyajian Kegiatan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Ilmiah (saintific approach) dalam Buku Teks (sebuah Kajian Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia), ruang ini ditujukan kepada pihak fakultas (FKIP Universitas Lampung) dan tim penerbit. Selanjutnya, tiadalah gading yang tiada retak, penulis membuka ruang seluas-luasnya bagi pembaca untuk memberikan saran dan kritik yang bersifat konstruktif demi penyempurnaan ilmu yang terdapat dalam buku ini. Salam.

Item Type: Book
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Eka .Sofia Agustina
Date Deposited: 20 Mar 2017 13:50
Last Modified: 13 Feb 2018 07:36
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item View Item