Adha, Idharmahadi and Armijon, Armijon and Yohannes, Yohannes and Perangin Angin, Geleng (2016) BANTUAN TEKNIS PEMETAAN SITUASI AREAL PERUMAHAN GRIYA TANPAN SEJAHTERA (GTS) KEL. HAJIMENA KEC. NATAR KAB. LAMPUNG SELATAN. Fakultas Teknik Universitas Lampung. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Pengabdian Pemetaan Topografi GTS Hajimena 2016)
Laporan Pengabdian Pemetaan Topografi GTS Hajimena for REPO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://armijon.com/

Abstract

Kegitan pengabdian ini terinspirasi dari warga komplek Perumahan Griya Tanpan Sejahtera yang mengajukan usulan ke prodi D3 Survei dan pemetaan agar daerah mereka dapat dipetakan terkait dengan rencana warga yang akan merenovasi secara besar besaran masjid serta perbaikan jalan dikompleks tersebut sehingga keperluan akan data peta teknis dirasakan sangat mendesak. Berdasarkan usulan tersebut maka terlahirlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Bantuan teknis Pemetaan Situasi Areal Perumahan Griya Tanpan Sejahtera di kelurahan Hajimena Kecamatan Natar Lampung Selatan. Dalam pengabdian ini dilakukan proses pengambilan data, pengolahan data, dan penyajian data dalam bentuk peta. Peta hasil tersebut diperoleh dari data ukur dilapangan yang meliputi pengukuran Kerangka Kontrol Horizontal dan Kerangka Kontrol Vertikal diantaranya adalah Polygon utama, polygon cabang, situasi (detail). Dalam pengukuran situasi (detail) banyak hal yang menjadi patokan dalam pengukuran diantaranya as rumah, sudut-sudut lapangan, jalan raya, saluran irigasi, dan lain sebagainya. Dalam pengukuran ini beberapa unsur penting akan disajikan dintaranya, persil bangunan saluran pembuangan air, jalan, Titik BM, Kontur, dan sebagainya dimana unsur yang disajikan tersebut ditentu dengan mempertimbangkan skala peta yang akan dihasilkan. Selain hal-hal diatas tersebut hal utama yang dilakukan adalah survey lokasi dan pemasangan patok serta BM (Bench Mark). Hasil kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk bantuan teknis ini berupa Pemetaan Situasi Areal Perumahan Griya Tanpan Sejahtera kelurahan Hajimena Kecamatan Natar Lampung Selatan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi spasial pihak kelurahan maupun masyarakat setempat serta dapat digunakan sebagai referensi untuk keperluan perencanaan pembangunan dimasa yang akan datang.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perumahan Griya Tanpan Sejahtera (GTS), Pemetaan Topografi, Pengabdian D3 Teknik Survei dan Pemetaan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi D3 Survey dan Pemetaan
Depositing User: Armijon Armijon
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:33
Last Modified: 19 Aug 2019 03:33
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13806

Actions (login required)

View Item View Item