Armijon, Armijon and Setyanto, Setyanto and Welly, Margaretta (2016) ANALISIS DAN IDENTIFIKASI KETERSEDIAAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) NON ALAMI DI PERKOTAAN KABUPATEN/KOTA PROVINSI LAMPUNG. Fakultas Teknik Universitas Lampung, Rekayasa Jurnal Sipil dan Perencanaan - Fakultas Teknik - Unila. (Unpublished)

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian Ketersediaan RTH Prov Lampung)
Ketersediaan RTH Provinsi Lampung.pdf

Download (18MB) | Preview
Official URL: https://armijon.com/

Abstract

Perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan bagian penting dalam perencanaan, pembangunan dan pengelolaan kawasan binaan (budidaya) maupun kawasan alami di perkotaan. Pengelolaan RTH dapat ditingkatkan bila komunikasi antar pemangku kepentingan lebih intensif dan para pemangku kepentingan mendapat informasi yang holistik dan dapat diperbarui secara berkesinambungan. Berdasarkan hal – hal tersebut, maka diperlukan adanya suatu identifikasi ketersediaan ruang terbuka hijau RTH Publik di perkotaan yang diharapkan nantinya dapat terwujud ruang kota yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan. Pada penelitian ini dilakukan analisis dan identifikasi terhadap ketersediaan RTH non alami di perkotaan, khususnya pada ibukota Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung untuk mewujudkan ruang-ruang kota yang lebih berkualitas, indah, nyaman, sehat dan berkelanjutan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas Ruang Terbuka Hijau di provinsi Lampung. Penelitian meliputi kajian metodologi dan pendekatan pelaksanaan, metode pengumpulan, pengolahan dan analisis data, termasuk kajian kepustakaan dan kajian teoritis serta studi kasus sejenis, analisis pemecahan masalah, penyiapan konsep pengembangan. Selanjutnya dengan bantuan teknoogi Remote Sensing dan Analisis GIS dihasilkan Analisis Ketersediaan, Identifikasi Kawasan, serta arahan lokasi prioritas RTH di Provinsi Lampung. Kegiatan penelitian pada kawasan perkotaan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung menghasilkan Identifikasinya ruang-ruang terbuka hijau di pusat-pusat ibukota Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Lampung serta Tersusunnya arahan lokasi prioritas pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Provinsi Lampung.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Provinsi Lampung, RTH Non Alami di Perkotaan, Analisis GIS dan Remote Sensing untuk identifikasi RTH
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TR Photography
Divisions: Laporan Penelitian LPPM
Depositing User: Armijon Armijon
Date Deposited: 12 Aug 2019 09:08
Last Modified: 12 Aug 2019 09:08
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13789

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item