Karwan, Dedy H. and Hariri, Hasan and Rini, Riswanti
(2016)
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA (DUAL SYSTEM)
DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG.
Journal Pendidikan Progresif, 6 (1).
pp. 26-38.
ISSN 2087-9849
Abstract
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA (DUAL SYSTEM)
DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI
KOTA BANDAR LAMPUNG
Dedy H. Karwan*, Hasan Hariri, dan Riswanti Rini
FKIP Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1
*Corresponding author, tel/fax : 081394777956, email: dhkarwan@yahoo.co.id
Abstract: Implementation of Dual System Education in Public Vocational High Schools in Bandar Lampung City. In entering the Asean Economic Community competition era, workforce competitiveness becomes one factor that will determine the success of a nation. An increase in Human Development Index (HDI) should be well prepared through high quality education, particularly vocational high schools to result in expected workforce. One of the real programs for this is the implementation of link and match program in the form of dual system education in vocational high schools. This study aims to analyze the issues of dual system education in public vocational high schools (SMKN 1 and SMKN 4) Bandar Lampung focusing on the quality of dual system education management implementation through qualitative research approach. Research results show that both schools have already performed management functions including planning, implementation, and evaluation. However, the implementation phase in business and industry experienced several problems to be solved by coordination during industry work practices. Therefore, in order for quality and relevance of the public vocational high school graduates through dual system education can be achieved, the vocational high schools in Bandar Lampung need to build intensive cooperation among the stakeholders as partners in implementing dual system education.
Keywords : management , dual system education, quality of graduates
Abstrak: Implementasi Pendidikan Sistem Ganda (Dual System) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Bandar Lampung. Dalam memasuki era persaingan Masyarakat Ekonomi Asean, daya saing tenaga kerja menjadi salah satu faktor yang akan menentukan keberhasilan suatu bangsa. Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index) perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya melalui suatu pendidikan yang bermutu khususnya pada jenjang pendidikan menengah untuk menghasilkan tenaga kerja melaui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu bentuk nyata implementasi program keterkaiatan dan kesepadanan (link and match) adalah pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada SMK. Penelitian ini bertujuan menganalisis masalah PSG di SMKN 1 dan SMKN 4 Bandar Lampung dengan berfokus pada kualitas implementasi manajemen PSG dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah tersebut sudah melakukan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Akan tetapi, pada tahap pelaksanaan di dunia usaha dan industri, masih terdapat beberapa hambatan yang perlu dikoordinasikan pada saat praktek kerja industri. Oleh karena itu, agar mutu dan relevansi tamatan SMK melalui PSG SMK dapat terwujud, SMK di Bandar Lampung masih memerlukan kerjasama secara intensif bersama pemangku kepentingan (stakeholders) sebagai mitra dalam implementasi PSG.
Kata Kunci: manajemen, pendidikan sistem ganda, kualitas lulusan
Available Versions of this Item
-
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA (DUAL SYSTEM)
DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG. (deposited 06 Dec 2016 01:12)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
|
View Item |