Faila, Shofa and Aida, Sari and Mudji, Ramelan and Dwi, Ambarwati Marketing Web Based (E-Commerce) Sebagai Strategi Pemasaran Produk Pertanian Di Desa Mulyosari Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Pengabdian Kepada MAsyarakat melalui diseminasi hasil penelitian terapan.. ISSN 978-602-53436-0-5

[img]
Preview
Text
29.-Marketing-Web-Based-ECommerce-Sebagai-Strategi-Pemasaran-Produk-Pertanian-Di-Desa-Mulyosari-Kecamatan-Way-Ratai-Kabupaten-PesawaranFaila-Shofa.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Pesawaran adalah kabupaten yang sangat muda merupakan daerah pemekaran kabupaten Lampung Selatan, salah satu desanya Mulyosari adalah penghasil kakao terbesar di kabupaten Pesawaran, penghasil cabe terbesar di Lampung, dan juga peternakan kambing. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian disektor pertanian. Strategi pemasarannya masih konvensional yakni tergantung pada pedagang pengumpul desa yang rantai pemasarannya panjang sehingga margin dari hasil usaha relatif rendah dikarenakan harga yang diberikan oleh pedagang pengumpul desa tidak sesuai dengan harga pasar. Terbatasnya kemampuan memasarkan produk olahan hasil pertanian juga membuat potensi yang dimiliki desa Mulyosari kurang dikenal dan tidak mampu menerobos pasar, akibat lainnya adalah dipermainkan para pedagang yang menguasai mata rantai distribusi, sehingga harga ditingkat petani ditekan serendah mungkin. Tujuan kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mengembangkan website penjualan produk pertanian, serta melatih peserta untuk memasarkan produk pertaniannya melalui website penjualan tersebut, mengumpulkan dan menyebarkan informasi hasil produk pertanian dan memberikan informasi harga real time. Skor post test uji pengetahuan peserta kegiatan rerata pencapaiannya 89% Nilai tersebut naik sebanyak 35,3% dari hasil pretest. Berarti kegiatan pengabdian ini membawa manfaat bagi para peserta pelatihan dalam menambah wawasan pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola usahanya khususnya pengembangan usaha melalui pemanfaatan pemasaran produk-produk hasil pertanian menggunakan E-Commerce. Dengan memasarkan produk melalui E-Commerce, diharapkan kelak usaha yang dijalani oleh mereka lebih berkembang, dan volume penjualan hasil pertanian lebih meningkat dalam waktu yang cepat. Mengingat diperlukannya pembinaan lebih lanjut dan berkesinambungan, disarankan perlu diadakan penyuluhan dan pendampingan inovasi produk- produk olahan pertanian, agar masyarakatnya tidak hanya bertumpu pada menghasilkan dan menjual produk pertanian dalam bentuk mentahnya saja, tetapi dapat pula memproduksi inovasi olahan produk pertanian, sehingga dapat menambah pendapatan petani dan nilai ekonomi produk hasil pertanian. Kata Kunci: E-Commerce, Strategi Pemasaran, Produk Pertanian.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Mudji Rachmat Ramelan
Date Deposited: 14 May 2019 08:18
Last Modified: 14 May 2019 08:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item View Item