Fihartini, Yuniarti and Dwi asri siti, ambarwati and Karim, Mirwan (2018) Penyebab Dan Konsekuensi Kepuasan Konsumen: Suatu Perspektif Holistik Pengalaman Belanja Online. Prosiding Penelitian: Seminar Nasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. pp. 204-214. ISSN 978-602-53436-1-2

[img]
Preview
Text
PROCEEDING SEMNAS FEB 2018-Penyebab-Dan-Konsekuensi-Yuniarti-Fihartini-1.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

Belanja online menyajikan lingkungan dan suasana yang berbeda dengan belanja secara offline. Keterlibatan konsumen secara fisik, sensoris,rasional, dan emosional, dalam proses belanja online menciptakan pengalaman yangberbeda dengan belanja secara offline. Hal tersebut menjadi tantangan bagi bisnisonline dalam menciptakan pengalaman berbelanja yang dinamis, menarik, danbernilai seperti yang didapat konsumen dari toko offline, agar tercipta kepuasankonsumen dan berdampak pada loyalitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan hasil dari kepuasankonsumen online dengan mengidentifikasi faktor-faktor pengalaman belanja onlinesecara menyeluruh pada proses pembelian online mulai dari tahap pra-pembelian,tahap pembelian, dan tahap pasca-pembelian, menggunakan metode survei melaluiwawancara dan penyebaran kuesioner baik online maupun offline dengan tekniknon-probabilitysampling kepada konsumen yang pernah melakukan belanja padatoko online Lazada, sebanyak 450 responden. Pengujian hipotesis penelitian inidilakukan secara multivariate dengan teknik analisis data menggunakan StructuralEquation Model (SEM) pada aplikasi Amos. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa dimensi-dimensi dari tiga tahapanpengalaman belanja online mulai dari tahap pra pembelian, tahap pembelian, dantahap setelah pembelian terbukti memiliki pengaruh terhadap kepuasan kosumendalam berbelanja online yang berdampak pada loyalitas konsumen konsumen padatoko online. Secara keseluruhan bahwa kepuasan konsumen online terbentuk daripengalaman positif dalam tiga tahap belanja online tersebut. Pengalaman atas kualitasinformasi produk yang disajukan pada website took online, penampilan website, dankemudahan menyelesaikan transaksi paling dominan dalam membentuk kepuasankonsumen online.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: S.E.,M.Si. Yuniarti Fihartini
Date Deposited: 14 May 2019 08:17
Last Modified: 14 May 2019 08:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12714

Actions (login required)

View Item View Item