Sutiarso, Sugeng and Wijaya, Agung Putra (2018) Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6 (7). pp. 681-692. ISSN 2338-1183

[img]
Preview
Text
Secy Olivia.pdf

Download (457kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/issu...

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 85 peserta didik yang terdistribusi dalam empat kelas, mulai dari VIII A hingga VIII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih peserta didik pada kelas VIII C dan VIII D sebagai sampel. Desain penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen tes pemahaman konsep matematis. Pengujian hipotesis menggunakan uji . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pemahaman konsep matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran non-TPS. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa model kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci: model kooperatif, pemahaman konsep, think pair share

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: AGUNG PUTR
Date Deposited: 14 May 2019 08:11
Last Modified: 14 May 2019 08:11
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12666

Actions (login required)

View Item View Item