Hasnunidah, Neni and Sikumbang, Darlen Pengaruh Argument-Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. ISSN 2621-5594
|
Text
16686-37439-1-PB.pdf Download (372kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI), kemampuan akademik, dan interaksi model pembelajaran dengan kemampuan akademik pada pembelajaran struktur dan fungsi tumbuhan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 yang diambil dengan teknik cluster random sampling Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest Postes Non Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dengan uji Ancova dan BNT masing-masing pada taraf nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI, kemampuan akademik, dan interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi masing-masing adalah 0,000; 0,021; 0,014.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | DARLEN SIK |
Date Deposited: | 14 May 2019 08:03 |
Last Modified: | 14 May 2019 08:03 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12595 |
Actions (login required)
View Item |