Sayekti, Wuryaningsih Dwi and Ismono, R Hanung and Lestari, Dyah Aring Hepiana (2018) ANALISIS DAUR HIDUP PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN BIHUN TAPIOKA DI PROVINSI LAMPUNG. Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI). ISSN 978-602-5679-70-4

[img]
Preview
Text
Analisis Daur Hidup Produk dan Strategi Pemasaran Bihun Tapioka di Provinsi Lampung.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://kptpi.unsyiah.ac.id/index.php/id

Abstract

Pangan lokal olahan memiliki peran penting dalam mewujudkan diversifikasi pangan masyarakat. Bihun tapioka merupakan salah satu produk pangan lokal potensial dalam diversifikasi pangan namun perkembangan produksi dan konsumsinya di masyarakat tidak menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Analisis daur hidup produk diperlukan untuk mengetahui posisi suatu produk dalam kaitannya dengan penerapan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daur hidup produk bihun tapioka dan mengetahui kesesuaian strategi pemasaran yang telah diterapkan agroindustri bihun tapioka dengan tahapan daur hidup produknya. Metode penelitian yang digunakan adalah sensus terhadap lima agroindustri bihun tapioka yang aktif berproduksi di Provinsi Lampung. Jenis data yang digunakan mencakup data primer yang berupa penerapan strategi pemasaran dan data sekunder dari pencatatan penjualan dari agroindustri. Analisis daur hidup produk dilakukan dengan Metode Polli and Cook, sedangkan kesesuaian strategi pemasaran dan daur hidup produk dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga agroindustri SJ, ML, dan MS berada pada tahap pertumbuhan, sedangkan agroindustri SH dan BO pada tahap kedewasaan. Tiga agroindustri yaitu SJ, BO, dan MS tidak menerapkan strategi pemasaran sesuai dengan tahapan daur hidup produk, sedangkan dua agroindustri yaitu SH dan ML menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan tahapan daur hidup produk. Kata kunci: agroindustri, bihun tapioka, daur hidup produk, metode Polli and Cook, kesesuaian strategi pemasaran

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agribisnis
Depositing User: WURYANINGSIH DWI SAYEKTI
Date Deposited: 09 May 2019 05:12
Last Modified: 09 May 2019 05:12
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12179

Actions (login required)

View Item View Item