Pandjaitan, Dorothy Rouly H. (2018) PERILAKU KONSUMEN INDONESIA MEMILIH DESTINASI WISATA HALAL. Pusaka Media, Bandar Lampung. ISBN 978-602-5947-34-6

[img]
Preview
Text
PERILAKU KONSUMEN INDONESIA MEMILIH DESTINASI WISATA HALAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Rahmat dan Kuasa-nya, penulis dapat menyelesaikan buku Referensi dengan Judul “PERILAKU KONSUMEN INDONESIA MEMILIH DESTINASI WISATA HALAL”. Buku ini disusun sebagai buku referensi bagi praktisi maupun akademisi yang ingin mempelajari dan mengetahui sikap konsumen dalam memilih dan merasakan langsung wisata syariah, makanan halal, sampai pada pilihan menginap selama berdestinasi di Indonesia. Buku ini merupakan himpunan materi perkuliahan yang disajikan dan telah didiskusikan dengan para mahasiswa dari Mata Kuliah Perilaku Konsumen yang penulis asuh selama sepuluh angkatan tahun terakhir. Buku ini tidak saja menyajikan teori teori perilaku konsumen saja, tetapi menyertakan pula artikel hasil penelitian penulis tentang Perilaku Konsumen yang di muat di Bab terakhir. Dimasukkannya hasil penelitian dalam buku ini bertujuan memperkaya wawasan mahasiswa dan pembaca pada umumnya tentang Teori Perilaku Konsumen dan praktiknya di lapangan, sekaligus menjadi satu ciri khas dan keistimewaan buku referensi ini. Buku ini terdiri atas empat bab yakni: Bab I.Latar Belakang Pariwisata Halal dan Perilaku Konsumen, Bab II.Teori-teori Pendukung Pemecahan Masalah, Bab III. Perilaku Konsumen Indonesia memilih Destinasi Wisata Halal, Bab IV. Penutup. Buku ini bermanfaat tidak hanya bagi para mahasiswa, tetapi juga para Dosen, Pemerintah serta pelaku bisnis. Dengan mengenal Perilaku Konsumen dalam memilih Destinasi Wisata Halal, Pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan para pelaku bisnis dapat saling bekerjasama mengembangkan bisnis serta mengembangkan sektor Pariwisata yang ada di seluruh Indonesia. Terlebih Pariwisata berbasis Destinasi Wisata Halal sedang sangat diminati oleh Para Wisatawan Negara dan Mancanegara.Bagi para Ilmuwan, khususnya para dosen dan mahasiswa, kajian tentang perilaku konsumen akan selalu menjadi topik penelitian mutakhir yang selalu berkembang baik melalui penelitian ilmiah maupun kajian-kajian ilmiah melalui seminar, pelatihan ataupun lokakarya. Perilaku manusia dalam berwisata sebagai konsumen akan selalu berkembang dan berubah sesuai dengan kemajuan peradabannya. Oleh karena itu kegiatan menulis buku dan penelitian tentang perilaku konsumen akan selalu menjadi hal yang menarik untuk dilakukan, terlebih bagi mereka yang memiliki minat dan keahlian dalam disiplin ilmu perilaku konsumen. Penulis telah menjadi Dosen pengasuh mata kuliah Perilaku Konsumen sejak tahun 2010 sampai sekarang, dengan bidang kekhususan pada Loyalitas Konsumen sesuai dengan rekam jejak penelitian. Adapun yang menjadi masalah dalam penulisan buku referensi ini adalah menjawab pertanyaan soal bagaimana wisatawan muslim mancanegara yang datang ke Indonesia, dimana sepertinya Pemerintah Indonesia perlu menanggapi serius hal ini. Meski dimana-mana terdapat banyak tempat ibadah dan restoran halal, namun tanpa label maupun penjelasan lebih mengenai wisata halal di Indonesia, tentu masih akan menimbulkan kebingungan dan keraguan bagi wisatawan muslim mancanegara. Solusi yang diberikan buku ini adalah temuan penelitian dalam Himpunan penelitian yang ada di Bab Sembilan, mengenai Destinasi Wisata Halal yang ada di Indonesia dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan dalam berdestinasi berbasis wisata halal sesuai kategori yang diperlombakan di ajang penghargaan tingkat dunia yakni World Halal Tourism Award yang mana Indonesia meraih juara Pertama. Penulis telah melakukan himpunan riset penelitian dengan tema Destinasi Wisata Halal selama tiga tahun berturut dengan hasil Publikasi pada beberapa Prosidding Nasional dan Internasional serta Jurnal Nasional dan telah dipresentasikan pada beberapa Konferensi skala Nasional maupun Internasional. Sangat besar harapan buku referensi ini akan mendapatkan HAKI dan menjadi sumbangan pemikiran dan penelitian yang berguna ke arah Pencapaian Guru Besar dalam bidang Perilaku Konsumen dalam kurun waktu 9 tahun ke depan. Amin. Dengan selesainya buku referensi ini, penulis berterimakasih pada Tuhan Yang Maha Esa, Bapak dan Mamaku tercinta, Prof Dr. S.S.P. Pandjaitan S.E, M.Sc dan Dra. Rosita H. Simbolon, Suamiku Jonson Maruba Pasaribu dan kedua putra dan putriku, Joy Gilbert Agusto Pasaribu dan Domminique Grace Annamilcah Pasaribu yang selalu memberikan motivasi dan kasih sayang, pengertian dan kesabaran kepada Mommy, Teruntuk Segenap Civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, Teruntuk Prof. Dr. S.S.P. Pandjaitan S.E.,M,Sc dan Prof. Dr.Satria Bangsawan S.E., M.Si selaku editor dalam penyempurnaan buku referensi ini. Teruntuk Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, serta para Mahasiswa yang telah berpartisipasi secara serius dan selalu aktif membahas topik-topik yang disajikan yang kemudian menjadi sumbangan terbesar bagi penulisan buku ini, Harapan penulis, semoga buku ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian, baik mahasiswa, dosen pengampu mata kuliah maupun masyarakat pada umumnya dan para pebisnis pada khususnya. Jika ada kekurangan, kritikan sangat dibutuhkan bagi penyempurnaan buku referensi ini. Tuhan berkati. Bandar Lampung, 1 Agustus 2018 Dr. Dorothy Rouly Haratua Pandjaitan S.E.,M.Si.

Item Type: Book
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Dr DOROTHY ROULY PANDJAITAN
Date Deposited: 09 May 2019 03:12
Last Modified: 09 May 2019 03:12
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12003

Actions (login required)

View Item View Item